4 Tanda Nyata Kandidat Karyawan Memiliki Kemampuan Leadership


Saat menginterview kandidat karyawan, pasti Anda akan sering mendengar pernyataan mereka yang mengaku memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik. Ya, selama proses interview tak jarang para kandidat akan menjual kemampuannya menjadi pemimpin karena biasanya hal tersebut memang menjadi salah satu faktor tim rekrutmen perusahaan menerima kandidat karyawan baru.

Namun, apakah benar bahwa si kandidat yang sedang Anda interview tersebut memang memiliki kemampuan memimpin yang baik? Apakah pernyataan mereka sudah cukup menjadi bukti bahwa kandidat suatu saat bisa menggunakan kemampuannya dalam leadership atau kepemimpinan untuk kemajuan perusahaan?

Pernyataan memang tak bisa jadi faktor satu-satunya yang menandakan si kandidat memang memiliki dasar kepemimpinan yang mumpuni. Ada beberapa tanda yang bisa Anda jadikan pedoman untuk mengetahui apakah benar si kandidat memang adalah seorang pemimpin sejati. Berikut beberapa diantaranya.

1. Kandidat selalu berpegang pada semangat belajar

Tanda pertama bahwa si kandidat adalah orang yang memiliki kemampuan memimpin yang baik adalah semangatnya untuk selalu berpegang pada semangat belajar. Terutama jika semangat belajar yang menjadi dasarnya dalam bekerja berdasar pada keinginan untuk selalu memajukan perusahaan atau organisasi kecil dalam perusahaan (divisinya dahulu).

Mereka yang memiliki jiwa kepemimpinan akan selalu haus belajar bahkan pada rekan kerja yang notabene mungkin bawahannya sendiri. Mereka tak pernah takut untuk belajar hal baru meski itu terasa sulit, karena bagi kandidat yang memiliki jiwa kepemimpinan baik maka hal baru atau tantangan bisa dilewati asalkan ada usaha untuk berkembang dan belajar dengan melibatkan orang-orang disekitarnya.

2. Membangun timnya dalam semangat saling percaya

Banyak kandidat terkadang merasa memiliki kemampuan leadership yang baik tapi pada kenyataannya tak memiliki rasa percaya. Padahal, rasa percaya adalah kunci kesuksesan kerjasama dalam sebuah tim bahkan memimpin.

Rasa percaya yang dimiliki oleh seorang kandidat bisa diketahui dari hal-hal kecil. Misalnya dari bagaimana ia mendelegasikan tugas kepada rekan kerja dan mengatasi masalah ketika selama pendelegasian ternyata tugas yang diberikan tak sesuai ekspektasi.

3. Selalu terbuka dan tak segan menerima kritik

Pemimpin yang baik memang seharusnya adalah sosok pribadi yang terbuka baik pikirannya maupun cara pandangnya. Karena saat menjadi pemimpin, akan ada selalu ada saja orang yang mungkin tidak puas dengan keputusannya. Maka saat dikritik atau dikontra, ia akan dengan lapang dada menerima masukan dan mengambil langkah yang paling baik dari banyak yang terbaik.

Sikap terbuka dari si kandidat sebenarnya dapat dengan mudah diketahui melalui bagaimana sikapnya kala menghadapi kritikan atau saran atas statement yang dikeluarkannya selama interview. Apakah ia tipikal yang menurut dalam artian hanya mengikuti apa saja pernyataan yang dilontarkan oleh interviewee (yang artinya si kandidat kurang memiliki sikap tegas dan opini pribadi)? Atau malah si kandidat akan selalu memberikan tanggapan positif (atau justru negatif) terkait tanggapan yang diberikan oleh interviewee?

4. Pemimpin yang baik juga selalu menyebarkan aura positif

Banyak orang percaya bahwa seseorang yang memang memiliki kemampuan leadership terbaik adalah sesosok pribadi yang selalu menyebarkan aura positif. Alih-alih mengajak rekan kerja untuk bergosip, memandang rendah hasil kerja rekan lainnya atau malah melihat sebuah tugas dari sudut pandang tujuan saja maka seorang pemimpin yang baik akan lebih suka menyebarkan kabar gembira, menggunakan kalimat bernada positif dan motivasi saat berbincang dengan rekan kerja.

Sikap ini bisa Anda ketahui apakah ada dalam sosok kandidat dari bagaimana sikap dan pernyataannya kala ia tahu ada rekan kerja yang bekerja tak sesuai dengan ekspektasi atau ritme kerja tim. Apakah si kandidat akan lebih suka membicarakan kekurangan atau malah berinisiatif untuk memberikan solusi pada masalah.

Itulah beberapa tanda nyata yang bisa Anda jadikan pedoman apakah si kandidat karyawan memang memiliki kemampuan leadership. Terlepas dari itu semua, cara terbaik untuk mengetahui apakah si kandidat karyawan memiliki kemampuan leadership adalah dengan memberikannya kesempatan serta kepercayaan untuk bergabung dengan tim kerja. Dengan cara ini, niscaya Anda akan dengan mudah menemukan calon pemimpin atau kandidat dengan karakter leadership yang mumpuni.

sumber : blog.talenta.co

.
.



<noscript> </body> </html>