5 Langkah Meningkatkan Efektifitas Tim Kerja


Untuk memudahkan pembagian tugas, umumnya staf departemen dibagi dalam tim-tim yang dipimpin oleh team leader. Ketua tim ini berfungsi sebagai ‘jembatan’ antara manajemen dan para karyawan. Mereka membantu perusahaan dalam memantau anggaran dan operasional; serta melaporkannya ke atasan.

Training HR dan Pelatihan SDM dengan Harga Terjangkau dari Gadjian Academy | Gadjian

Sebagai HR, Anda mungkin bersinggungan secara langsung dengan para team leader. Anda pasti berkontribusi dalam membantu rekrutmen dan seleksi team leader, sekaligus merancang program peningkatan kapasitas mereka. Oleh karena itu, Anda perlu memberikan wawasan agar mereka dapat memperbaiki efektifitas tim kerja, seperti Gadjian rangkum di bawah ini.

1. Mengembangkan Kebijakan Komunikasi yang Terbuka

Posisi team leader sangat krusial dalam memfasilitasi komunikasi antara manajemen dan karyawan. Untuk itu, mereka harus mampu berdiskusi dan bernegosiasi dengan kedua belah pihak. Adanya komunikasi dua-arah yang lancar, akan membuat team leader mampu mengantisipasi permasalahan bahkan sebelum muncul.

2. Mengadakan Pertemuan Rutin

Ada kemungkinan karyawan merasa segan untuk menyampaikan sesuatu secara pribadi. Maka, pertemuan berkala adalah solusinya. Suatu permasalahan bisa diselesaikan lebih cepat jika dipikirkan bersama-sama. Selain itu, para anggota tim bisa saling mengenal satu sama lain.

Baca Juga: 10 Film Kepemimpinan untuk Memotivasi Karyawan dan Mengelola Tim yang Solid

3. Mengetahui Gaya Kerja dan Kepribadian Setiap Anggota Tim

Pemimpin yang efektif menyadari perbedaan masing-masing anggota tim, terutama dalam bekerja. Sebagai contoh, ada karyawan yang senang dituntun dan diajari; ada juga yang cukup mendapatkan instruksi dan mampu mencari jalannya sendiri. Sebagai HR, Anda adalah orang pertama yang berkenalan dengan para karyawan. Anda pun dapat membantu team leader jika ia membutuhkan data dan informasi tentang karyawan, seperti latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan sebagainya. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan karyawan yang produktif.

4. Mengizinkan Setiap Anggota Tim untuk Berpartisipasi

Sebagaimana disebutkan pada poin kedua, team leader harus lebih sensitif pada aspirasi setiap anggota tim. Pastikan masing-masing karyawan mendapatkan waktu yang seimbang untuk menyampaikan pendapatnya pada pertemuan rutin.

5. Memperhatikan Kinerja Anggota Tim

Key performance indicator yang jelas dan terukur membantu team leader dalam mengevaluasi produktivitas anggota tim. Team leader juga dapat dibantu oleh aplikasi HRIS seperti Gadjian yang mengintegrasikan manajemen absensi karyawan dan payroll software. Sekiranya ada tunjangan atau potongan yang berhubungan dengan kinerja karyawan, Anda sebagai HR pun dapat dengan mudah menghitungnya. 

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Employee Engagement ketika Merayakan Ulang Tahun Karyawan

Tak hanya membantu team leader dan manajemen, Gadjian jelas membantu HR dan Finance karena bisa hitung gaji karyawan, termasuk hitung BPJS dan PPh 21. Karyawan juga dapat mengajukan cuti online sehingga lebih akurat dan efisien. Apapun kebutuhan pengelolaan administrasi karyawan, Gadjian solusinya!

Payroll Software Indonesia Untuk Mengelola Keuangan & Karyawan Perusahaan, termasuk perhitungan PPh 21, perhitungan BPJS, dan perhitungan lembur | Gadjian

Bagikan artikel ini:

sumber : gadjian.com

.
.



<noscript> </body> </html>