Ide Staycation untuk Mengisi Liburan Akhir Pekan


Liburan tidak harus diisi dengan jalan-jalan ke luar kota atau bahkan luar negeri. Menikmati akhir pekan bisa dilakukan di dalam kota dengan mengunjungi tempat menarik, lokasi wisata, atau menonton festival.

Berlibur di dalam kota sendiri kini dikenal dengan istilah staycation yang diambil dari kata ‘stay’berarti tetap dan ‘vacation’ bermakna liburan. Staycation tidak akan mengurangi makna liburan akhir pekan Anda. Liburan kecil ini bisa mengembalikan kesegaran tubuh dan pikiran Anda di akhir pekan. Berikut ini beberapa ide staycation yang bisa Anda lakukan di akhir pekan ini.

Menginap di Hotel dalam Kota

Kamar Hotel untuk Staycation
Sumber: Pixabay

Jika ingin merasakan malam Minggu yang berbeda dari biasanya, Anda bisa pindah tidur ke hotel dalam kota. Anda akan merasakan suasana liburan akhir pekan yang unik. Anda dapat menginap di tempat yang nyaman, menikmati pelayanan bak raja, hingga bisa memandangi suasana kota dari jendela kamar yang strategis.

Sebelum memutuskan staycation di hotel, Anda perlu melakukan perencanaan dengan baik. Kalau Anda mau berdiam diri di hotel saja, maka booking tempat yang menawarkan fasilitas menarik dan lengkap seperti pusat kebugaran, spa dan kolam renang. Jika ingin sekalian berwisata, maka pilihlah penginapan yang dekat dengan tempat rekreasi –kalau bisa lokasi wisata bisa ditempuh dengan jalan kaki dari hotel.

Menikmati Car Free Day

Sejak awal tahun 2000-an pemerintah daerah di berbagai kota menyelenggarakan car free day atau hari bebas kendaraan bermotor di sejumlah jalan utama. Car free day biasanya dilaksanakan pada hari Minggu selama beberapa jam.

Warga kota seperti Anda bisa memanfaatkan car free day sebagai salah satu cara untuk staycation. Anda harus berencana bangun pagi pada hari Minggu, kemudian berlari atau bersepeda di jalan yang biasanya dipadati kendaraan bermotor itu. Selain berolahraga, terkadang Anda juga bisa menikmati pertunjukan kecil yang digelar di beberapa sudut jalan oleh perusahaan yang sedang promosi produk atau lembaga swadaya masyarakat.

Baca Juga: 7 Tips Hemat Mengisi Liburan

Wisata Budaya

Sekali-sekali Anda juga perlu lebih mengenal budaya daerah tempat tinggal sendiri. Anda bisa mendatangi berbagai pusat budaya di dalam kota. Ada tempat wisata yang berupa kampung budaya, ada pula tempat yang menyajikan pertunjukan kesenian daerah.

Staycation ke kampung budaya sangat cocok untuk wisata keluarga agar bisa mengenalkan adat istiadat kepada anak-anak. Di kampung budaya, Anda bisa menyaksikan pertunjukan musik tradisional, menonton beladiri daerah, hingga mencicipi kuliner khas.

sumber : qerja.com

.
.



<noscript> </body> </html>