Kiat Tetap Fokus Bekerja Menjelang Libur Panjang


Suasana libur dalam rangka Hari Raya Idul Fitri sudah sangat terasa. Hal ini tentunya membuat fokus bekerja semakin berkurang ketika berada di kantor. Meski tubuh ada di kantor, tetapi pikiran sudah melayang ke kampung halaman dan destinasi wisata yang akan didatangi pekan depan.

Bila Anda masih tetap harus bekerja di saat-saat seperti ini, tentunya Anda membutuhkan fokus yang lebih besar dibandingkan biasanya. Lalu, bagaimana caranya agar bisa tetap fokus menghadapi situasi ini? Berikut tips agar Anda tetap konsentrasi bekerja meski liburan sudah di depan mata.

Buat Tugas Prioritas

libur panjang
sumber: goumbik

Sebelum liburan, cobalah untuk menyelesaikan pekerjaan yang paling susah. Tugas yang sulit mengharuskan kita untuk berkonsentrasi penuh. Pekerjaan ini akan mengalihkan pikiran Anda yang mulai melayang ke berbagai tempat wisata yang akan dikunjungi.

Jika berhasil mengerjakan tugas sulit sebelum cuti, maka masa liburan Anda tidak akan terganggu oleh ingatan akan pekerjaan. Bila memang tidak ada pekerjaan yang sangat urgent untuk diselesaikan, Anda bisa mempersiapkan pekerjaan setelah liburan nanti.

Cari Kesibukan

Apabila tugas sudah selesai, cobalah untuk mencari kesibukan lain. Anda bisa melakukan pekerjaan ringan yang selama ini tertunda. Misalnya menghapus email lama, merapikan inbox, dan membersihkan desktop komputer.

Dengan begitu pikiran Anda akan tetap “bekerja” selama di kantor dan tidak terlalu berfokus kepada masa liburan.

Baca Juga : Tujuh Ragam Kegiatan Liburan Selain Traveling

Minta Tambahan Pekerjaan

Jika sudah tidak ada pekerjaan lagi, Anda bisa minta tambahan tugas dari atasan. Mungkin manajer akan mengalihkan sebagian beban kerjanya pada Anda. Selain itu, Anda juga bisa diminta untuk membantu rekan kerja yang sedang mengerjakan tugas lain.

Anda pun boleh ikut menolong dan membimbing anak magang. Dengan melakukan hal ini, Anda akan tetap fokus bekerja. Sebagai bonus, Anda juga terlihat rajin di mata atasan.

sumber : qerja.com

.
.



<noscript> </body> </html>