Lima Keuntungan Menggunakan Teknologi Digital Payment


Digital payment adalah cara pembayaran dengan menggunakan yang menggunakan media elektronik. Seseorang bisa melakukan transkasi pembayaran dengan short message service (sms), internet banking, mobile banking, atau dompet elektronik.

Seiring dengan perkembangan teknologi, orang mulai beralih menggunakan digital payment dan perlahan meninggalkan sistem pembayaran tunai. Hal ini karena semakin banyak orang yang manfaat pembayaran digital. Berikut berbagai keuntungan digital payment yang bisa Anda rasakan.

Lebih Mudah dan Praktis

manfaat digital payment
Sumber : rawpixel.com

Jelas, sistem digital payment jauh lebih praktis daripada cara pembayaran tunai. Para pengguna kartu digital payment, sangat memahami bagaimana sistem ini mempersingkat proses pembayaran. Hal ini karena Anda hanya menggunakan satu kartu yang digesek atau di-tap tanpa harus repot merogoh uang ke dalam tas. Setelah pembayaran, Anda dan kasi pun tidak perlu repot menghitung uang kembalian.

Jika semakin banyak orang yang melakukan digital payment, maka jalur antrian pembayaran di kasir atau loket akan semakin pendek.

Transaksi Lebih Aman 

Digital payment memang tidak luput dari ancaman tindak kenjahatan. Pembayaran dengan digital payment mengandung risiko terkena tindakan peretasan, pencurian data, fraud atau kecurangan. Salah satu cara menjaga keamanan data nasional pada praktik digital payment, pemerintah meluncurkan gerbang pembayaran nasional (GPN). Dengan adanya GPN, semua data transaksi diproses di dalam negeri.

Selain itu,salah satu upaya pengamanan digital payment adalah dengan menggunakan digital signature yaitu kode identifikasi identitas pengirim pesan yang menjamin keaslian isi pesan elektronik. Selain itu, ada pula sertifikasi Secure Socket Layer (SSL) yang membantu menyembunyikan informasi pribadi dari pelanggan e-commerce dari pihak ketiga yang mencoba untuk mencuri data.

Baca Juga: Mengenal Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), Apa Saja Manfaatnya?

Kenyamanan Bertransaksi

Selain keamanan transaksi, digital payment juga menawarkan kenyamanan saat melakukan pembayaran. Sekali lagi, digital payment memungkinkan Anda melakukan transaksi tanpa harus berpindah tempat. Jadi, Anda bisa melakukan pembelian barang atau pembayaran dari rumah atau di sela kesibukan kerja.

Keuntungan lain yang bisa dirasakan jika menggunakan digital payment dibandingkan pembelian secara tunai adalah Anda hanya perlu membayar sesuai nilai yang diminta. Anda tidak perlu membayar lebih tinggi karena pembulatan ke atas dari nilai uang yang tidak genap.

sumber : qerja.com

.
.



<noscript> </body> </html>