Lima Trik Foto Instagramable Saat Liburan Yang Bisa Anda Coba!


Saat berlibur, kita pasti ingin mengabadikan setiap momen berharga. Dengan smartphone yang dilengkapi kamera resolusi tinggi, kita semakin mudah mengambil berbagai gambar. Semua hal yang dialami selama liburan, mulai dari waktu berkumpul dengan keluarga, pemandangan indah, sampai kejadian menarik sepanjang perjalanan tidak boleh terlewatkan.

Tetapi, sekarang mengambil gambar untuk disimpan dalam album kenangan saja tidak cukup. Kita juga punya hasrat untuk memamerkan foto bagus di media sosial, khususnya Instagram.

Untuk itu, kita akan berusaha mengambil gambar terbaik, angle tepat, pencahayaan pas agar memenuhi standar foto Instagrammable. Berikut trik bikin foto liburan yang Instagrammable yang bisa Anda lakukan sekarang juga!

Memahami Format Instagram

Anda harus memahami bahwa format foto liburan yang akan ditampilkan di Instagram berbentuk persegi empat sama sisi. Sementara foto yang dihasilkan dari kamera ponsel berbentuk persegi panjang horizontal atau vertikal. Jadi, kalau Anda mengambil foto diri dan berada di posisi yang terlalu di pinggir, maka akan terpotong dengan sendirinya.

Jadi, jika Anda mau selfie, pastikan wajah Anda tidak terlalu berada di pinggir. Sementara, kalau Anda berencana mengambil foto banyak orang  maka atur posisi duduk atau berdiri agar tidak ada yang sampai “terpotong”. Sebaiknya, ambil foto dengan posisi kamera horizontal.

Pengaturan Angle

sumber : Victor Hanacek

Foto yang Instagrammable juga tergantung dari cara pengambilan gambar. Anda mesti mengatur angle saat akan memotret orang atau pemandangan menarik saat liburan untuk menghasilkan gambar menarik.

Jika akan memotret orang, hindari mengambil gambar dari bawah. Hal itu akan membuat hidung objek foto terlihat lebih besar, atau dagu ganda yang merupakan dagu sebenarnya dan lipatan leher. Sementara jika mau mengambil gambar pemandangan, Anda bisa memiringkan ponsel atau kamera beberapa derajat ke atas atau ke bawah –tergantung posisi pengambilan gambar, agar foto terlihat lebih baik.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Di Smartphone Anda!

Cara Memotret Orang

Saat akan memotret orang, pastikan sumber cahaya dan posisi objek foto tepat. Jangan menempatkan orang yang akan difoto langsung menantang cahaya karena akan membuat mata mereka menyipit. Jika ingin memotret orang dengan posisi membelakangi sumber cahaya, Anda juga harus mengatur angle pengambilan gambar untuk menghindari back light.

Untuk membuat gambar lebih menarik dan Instagrammable, Anda bisa memotret orang yang melakukan kegiatan, bukan hanya berpose. Anda bisa mengarahkan orang yang akan difoto berjalan, tertawa, mengobrol, seolah-olah candid camera. Atau, Anda juga bisa memotret orang yang benar-benar melakukan kegiatan menarik secara alami.

Cara Memotret Pemandangan

trik foto instagramable
sumber : Victor Hanacek

Bila mau memotret pemandangan yang dilihat saat liburan, ambilah gambar terbaik. trik pertama tentu saja dengan tidak mengarahkan kamera ke matahari. Jika Anda punya pilihan waktu, foto pemandangan sebelum jam 10 pagi atau setelah jam 4 sore. Kalau Anda memotret pemandangan siang hari maka matahari akan terlalu terik, dan objek berbayang.

Kalau bisa, foto pemandangan yang Instagrammable juga menceritakan kisah tersirat di dalamnya. Jadi, sebelum mengambil gambar, pikirkan pesan apa yang ingin disampaikan dari foto tersebut.

Cari Ide Kreatif

Untuk mendapatkan foto liburan Instagrammable yang unik, Anda harus kreatif. Anda perlu menggali ide menarik yang tidak terpikirkan orang lain.

Misalnya, Anda berada di salah satu landmark kota yang terkenal. Anda bisa mengambil foto dari kejauhan dan sudut tertentu. Kemudian ulurkan tangan seolah-olah sedang memegang patung atau monumen yang difoto.

Liburan Anda akan selalu terkenang dalam ingatan. Tetapi, jika punya kamera, sekalian saja mengabadikannya di dalam gambar. Dan, foto liburan Anda sebisa mungkin diambil dengan cara yang menarik. –Qerja

Baca Juga: Ide Staycation untuk Mengisi Liburan Akhir Pekan

sumber : qerja.com

.
.



<noscript> </body> </html>