Penyakit Yang Sering Melanda Pekerja Kantoran. Apa Saja Daftarnya?


Pekerja kantoran yang sibuk terkadang tidak memerhatikan kondisi kesehatan mereka. Tidak jarang para pekerja tersebut mengalami gejala penyakit hampir sama.

Beberapa penyakit yang dirasakan pekerja mungkin terbilang ringan. Namun, jika gangguan kesehatan itu datang, maka ada rasa nyeri tak tertahankan yang bisa mengganggu pekerjaan. Berikut beberapa penyakit yang sering melanda pekerja.

Stres

Stres
Sumber: Fancycrave.com

Tekanan pekerjaan adalah salah satu sumber utama penyebab stres pada pekerja kantoran. Tekanan terjadi karena tenggat yang padat, beban kerja yang banyak, atasan yang menuntut, hingga kolega yang mengganggu. Tanda stres kerja antara lain sakit kepala, mual atau mulas, berkeringat, mudah panik, terlalu banyak tidur atau insomnia, hingga kenaikan atau penurunan berat badan yang drastis.

Cara mencegah stres akibat pekerjaan dengan mengatur pola kerja. Anda bisa membuat daftar hal yang harus dikerjakan dalam agenda atau aplikasi di ponsel. Selain itu, Anda juga harus menyediakan waktu rehat yang cukup setiap hari di sela pekerjaan. Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan menyenangkan di akhir pekan seperti berolahraga, melakukan hobi, hingga berlibur.

Flu

Pekerja kantoran juga rentan terserang flu. Hal ini bisa disebabkan karena lingkungan kerja yang kurang baik seperti suhu udara ruang terlalu dingin, sirkulasi udara yang buruk, serta polusi dari asap rokok, karpet, dan asap kendaraan. Jika kondisi tubuh sedang drop, maka virus flu akan mudah menjangkit dan berkembang pada diri Anda. Beberapa gejala flu antara lain demam, batuk, menggigil, hidung tersumbat, dan sakit kepala.

Agar terhindar dari penyakit flu, Anda perlu memperkuat daya tahan tubuh dengan makan-makanan yang mengandung vitamin. Anda juga harus menghindari udara yang terlalu dingin. Jika posisi duduk dekat dengan AC kantor, maka bersiap membawa baju hangat. Anda juga harus selalu menjaga kebersihan diri selama di kantor dengan sering mencuci tangan.

Maag

Kebiasaan pekerja kantoran menunda makan bisa menyebabkan penyakit maag. Selain itu, gaya hidup tidak sehat seperti minum minuman beralkohol, merokok dan minum kopi juga bisa mendatangkan maag. Ketika maag menyerang, karyawan akan merasakan sindrom rasa sakit di daerah ulu hati dan sekitar saluran cerna bagian atas. Gejala ini bisa disertai mual dan kembung, bahkan sampai muntah.

Kalau Anda sudah terlanjur punya maag, maka harus berusaha agar sindrom itu tidak kambuh lagi. Caranya mengubah pola makan dengan makan porsi yang cukup agar tidak terlalu kenyang, mengurangi makanan asam, dan jangan makan sebelum tidur. Selain itu, buat Anda yang merokok juga harus berhenti agar maag tak datang kembali.

Baca Juga: Tujuh Penyakit yang Mengancam Akibat Kebiasaan Duduk Terlalu Lama

Ambeien

Kebiasaan duduk terlalu lama di area kerja akan membuat karyawan kantoran terkena ambeien. Penyakit ini terjadi karena pembekakan atau peradangan pembuluh darah di sekitar rektum. Penyakit ini akan membuat penderitanya kesulitan duduk tenang.

Untuk mencegah ambeien atau wasir, Anda perlu mengonsumsi banyak serat dan memperbanyak asupan cairan untuk tubuh. Anda juga tidak boleh duduk terlalu lama di kantor atau di rumah, dan jangan menahan buang air besar. Selain itu, Anda perlu berolahraga untuk mengurangi tekanan pada pembuluh darah.

Migrain

Penyakit umum lain yang biasa menyerang pekerja kantoran adalah migrain. Sakit kepala sebelah ini timbul karena karyawan sering menunda makan dan minum. Kurangnya asupan nutrisi dan cairan tersebut bisa mendatangkan migrain. Selain itu, migrain jga bisa dipicu oleh stres dan kebiasaan tidur lama di akhir pekan.

Jadi, untuk mencegah migrain datang menyerang, Anda harus bisa mengelola waktu kerja dengan baik. Atur waktu untuk bekerja cerdas dan taktis, jangan lewatkan waktu makan, dan dapatkan jam tidur yang cukup. Jika tekanan pekerjaan sudah terasa begitu berat, carilah cara untuk mencegah stres di kantor dengan peregangan tubuh atau berjalan-jalan sebentar.

Kelelahan

Kerja keras
Sumber: Fancycrave.com

Kelelahan berlebihan di tempat kerja lebih dikenal dengan istilah ‘burnout’. Lelah yang dirasakan disini bukan capek seperti yang dirasakan sehabis olahraga. Burnout secara mental dan fisik yang dirasakan pekerja akibat bekerja dalam waktu lama dan berlebihan. Karyawan yang mengalami kelelahan berlebihan akan kesulitan melakukan pekerjaan ringan, mudah marah, sering mengeluh, sakit fisik, dan bahkan kehilangan harapan.

Untuk mencegah kelelahan yang berlebihan, Anda harus tahu waktu untuk berhenti kerja sementara. Jika tekanan pekerjaan sudah terasa semakin berat, Anda perlu menjauhi meja kerja dan mencari udara segar. Anda bisa berjalan-jalan sebentar atau mengobrol dengan rekan kerja yang tidak terlihat sibuk. Jangan lupa untuk memberi hadiah pada diri sendiri di akhir pekan agar bisa relaksasi setelah melakukan pekerjaan berat.

Tipes

Lagi-lagi, kebiasaan makan yang tidak baik bisa mendatangkan penyakit buat pekerja. Penyakit tipes menjangkiti karyawan kantoran karena pilihan makanan dan minuman yang tidak bersih, ditambah kondisi tubuh yang tak prima. Hal ini membuat bakteri Salmonella typhi bisa tumbuh dan berkembang dalam saluran pencernaan. Jika sudah terserang tipes, karyawan akan merasa demam yang disertai mual, sakit perut, sakit kepala, hingga diare.

Untuk mencegah tipes, Anda harus selalu menjaga kebersihan diri, serta makanan dan minuman yang dikonsumsi. Kalau bisa, Anda mengonsumsi makanan yang diolah sendiri dari bahan-bahan pilihan, mencuci buah dengan bersih, dan memperhatikan sumber air minum. Selain itu, Anda juga harus menjaga kondisi badan agar tak mudah terserang penyakit.

Penyakit umum sering melanda pekerja kantoran biasanya disebabkan gaya hidup yang tidak sehat. Jadi, mulai sekarang, Anda harus membiasakan pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan. –Qerja

Baca Juga: Penyakit yang Perlu Diwaspadai Pada Usia 30-an

sumber : qerja.com

.
.



<noscript> </body> </html>