Profesi Bidang IT yang Paling Dicari


Perkembangan teknologi mendorong peningkatan kebutuhan tenaga kerja yang ahli di bidang IT. Mulai dari startup sampai perusahaan besar terus mencari talenta terbaik yang bisa menjalankan profesi dengan latar belakang ilmu teknologi informasi ini.

Seiring berjalannya waktu, maka variasi pekerjaan di bidang teknologi pun bertambah. Berikut berbagai profesi di bidang IT yang paling dicari. Ada profesi lama seperti programmer yang selalu dibutuhkan, ada pula titel pekerjaan baru seperti SEO Specialist yang dicari berbagai perusahaan.

Programmer

Profesi Bidang IT yang Paling Dicari
Sumber: Pixabay

Seseorang yang berprofesi sebagai programmer harus mampu menulis kode, dan mengerti algoritma. Ia adalah komponen penting dari perusahaan yang menggunakan IT sebagai bagian dari sistem kerja. Biasanya, programer menguasai setidaknya satu bahasa pemrograman dan menguasainya dengan baik. Tetapi, programmer yang bisa memahami berbagai bahasa pemrograman, tentu lebih disukai perusahaan.

Saat ini, berbagai perusahaan besar di bidang IT, perbankan hingga migas masih terus menyaring talenta berbakat yang bisa mengisi posisi programmer. Rata-rata gaji awal untuk seorang programmer memang hanya Rp 5 juta, tetapi untuk orang yang memiliki pengalaman di profesi ini bisa mendapat penghasilan hingga Rp 18 juta.

Mobile Developer

Developer lebih mahir dengan berbagai bahasa pemrograman dibanding dengan programmer. Developer tidak hanya bisa menyelesaikan masalah dengan pemrograman, tapi sampai dapat membangun suatu produk. Untuk menciptakan satu produk digital, ia harus menggunakan berbagai sistem dan bahasa pemrograman berbeda agar terhubung satu sama lain. Bahkan, Developer juga perlu punya sudut pandang bisnis agar produk bisa dijual.

Di era di mana penggunaan smartphone lebih berkembang daripada laptop atau PC, maka profesi Developer yang paling dicari khususnya Mobile Developer. Ia bertugas untuk membuat software atau aplikasi yang bisa digunakan di smartphone. Gaji yang ditawarkan untuk Developer pemula sekitar Rp 5 juta. Tetapi, untuk Mobile Developer senior bisa mendapat penghasilan mendekati Rp 10 juta.

Database Administrator

Titel Database Administrator jelas menggambarkan deskripsi pekerjaannya yaitu merancang, mengimplementasikan, mengelola, merawat, hingga memperbaiki kesalahan basis data organisasi. Lebih jauh, Database Administrator juga bertanggung jawab untuk mengembangkan basis data di masa mendatang dan menjamin keamanan data.

Database Administrator harus memiliki kemampuan IT dasar, pemecahan masalah, analisis yang baik, keahlian komunikasi dan bekerja dalam tim. Database Administrator yang punya akses kepada bank data perusahaan harus menjalankan kode etik memegang rahasia perusahaan dan tidak membocorkannya meski sudah pindah kerja. Pada awal karir seorang Database Administrator hanya akan menerima gaji sekitar Rp 3-4 juta. Tetapi, untuk Database Administrastor senior berhak mendapat upah hingga Rp 6 juta.

Baca Juga: 5 Sertifikat Penting untuk Sukses di Bidang IT

Network Engineer

Network Engineer bertugas mengurus jaringan komputer atau telekomunikasi di sebuah organisasi. Ia bekerja dengan perangkat telekomunikasi seperti router, switch, hub, firewall, modem, access point, hingga cable. Ia harus memastikan jaringan yang dikelola berfungsi dengan stabil dan dapat digunakan oleh user. Maka, ia adalah orang yang paling dicari jika terjadi persoalan jaringan, seperti pemeliharaan dan troubleshooting.

Network Engineer yang baru masuk dunia kerja dijanjikan bayaran sekitar Rp 4-5 juta. Sementara dengan tanggung jawab besar yang dipikul Network Engineer senior, maka perusahaan berani menawarkan gaji di atas Rp 10 juta.

QA Engineer

QA (Quality Assurance) Engineer bertugas memastikan produk software berjalan dengan baik dengan cara monitoring, menguji, dan memeriksa semua proses produksi suatu produk. Dengan adanya QA Engineer, maka produk atau jasa perusahaan dijamin keandalan, kegunaan, kinerja dan sesuai dengan standar kualitas umum yang ditetapkan. Untuk bisa menjalankan tugasnya, seorang QA Engineer harus teliti pada hal detail, memiliki kemampuan analisis yang baik, mampu bekerja sama, dan berorientasi pada layanan pelanggan.

QA Engineer juga salah satu profesi bidang IT yang paling dicari. Berbagai perusahaan yang membuka lowongan QA Engineer menawarkan gaji mulai dari Rp 6 juta hingga Rp 12 juta.

SEO Specialist

Profesi Bidang IT yang Paling Dicari
Sumber: Pixabay

SEO (Search Engine Optimization) Specialist juga termasuk profesi di bidang IT. Profesional di bidang ini bertugas untuk mengoptimalkan sebuah website agar mudah dicari di situs pencarian. Caranya dengan memasang kode meta tag, memperbaharui website dengan konten berkualitas, menyebarluaskan link website, sampai menganalisa statistik website.

Tantangan pekerjaan SEO Specialist salah satunya adalah persaingan dengan situs kompetitor. Selain itu, jika situs pencari melakukan pembaharuan algoritma, berarti SEO Specialist harus melakukan strategi baru untuk optimasi situs. Berdasarkan data lowongan kerja yang diunggah di situs Qerja, perusahaan menawarkan gaji sekitar Rp 8-10 juta untuk profesi SEO Specialist.

UX Researcher

UX Researcher atau User Experience Researcher berperan untuk mencari tahu kebutuhan (calon) pengguna produk perusahaan, memastikan desain produk memenuhi kebutuhan, dan membuat rekomendasi agar pengguna bisa memnggunakannya dengan mudah. Setelah produk beredar, UX Researcher juga terus mengawal dengan mengumpulkan data dan menganalisa pengalaman pengguna. Dengan begitu, ia bisa memberikan arahan sesuai data dan fakta untuk perbaikan dan pengembangan produk di masa mendatang.

Seorang UX Researcher harus memiliki kemampuan melakukan riset, kepekaan, rasa ingin tahu yang besar, dan kejelian agar bisa menggali banyak informasi dari user. Berdasarkan data yang dihimpun Qerja, gaji untuk posisi UX Researcher berkisar antara Rp 5-7 juta. Sebagai contoh, PT Gojek Indonesia yang menawarkan gaji bulanan Rp 8,4 juta untuk posisi UX Researcher.

Kalau Anda punya talenta yang berhubungan dengan komputer dan pemrograman, cobalah untuk memasuki dunia kerja di bidang ini, menekuni profesi IT dan meniti karir sampai puncak. Bermacam lowongan kerja di bidang IT tersedia di berbagai situs lowongan kerja, dan ditawarkan di berbagai acara job fair. Sekarang, tinggal bagaimana Anda berusaha untuk mendapatkan pekerjaan impian. –Qerja

Baca Juga: Enam Profesi di Bidang Teknologi Yang Tak Butuh Kemampuan Coding

sumber : qerja.com

.
.



<noscript> </body> </html> <!-- Cachify | http://cachify.de Ohne Plugin: 59 DB-Anfragen, 1.61 Sekunden, 22.55 MB Mit Plugin: 11 DB-Anfragen, 0.30 Sekunden, 20.27 MB Generiert: 12 hours zuvor -->