Rahasia Sukses Mengelola Bisnis ala Selebriti


Konon, menjadi selebriti itu merupakan karir aji mumpung yang hanya akan bertahan dalam waktu yang relatif singkat. Maka dari itu, sebagian selebriti mencoba peruntungan di bidang lain yaitu berbisnis, atau berkarya di bidang lain.

Mengelola usaha pribadi bukanlah sebuah hal yang mudah. Apalagi, ketika usaha kecil menengah tersebut semakin berkembang dan membutuhkan perhatian lebih. Saat kebutuhan karyawan semakin meningkat, pengusaha harus memperhatikan beberapa hal untuk menjamin keberlangsungan bisnis tersebut.  

Enam selebriti papan atas berikut memiliki tips sendiri untuk memastikan kesuksesan bisnis mereka. Salah satu yang jelas mereka perhatikan adalah pengelolaan karyawan, sehingga usaha yang mereka jalankan dapat berhasil hingga saat ini.   

Dari pasangan artis Indonesia hingga aktor Bollywood ternama, berikut tips sukses selebriti yang mengaplikasikan prinsip manajemen Sumber Daya Manusia.

Glenn Alinskie & Chelsea Olivia

Power couple Glenn Alinskie dan Chelsea Olivia terbukti memiliki insting bisnis yang kuat. Memanfaatkan basis penggemar yang kuat, mereka merambah berbagai jenis usaha, dari bisnis pakaian, kue kekinian, hingga keripik. Semakin mengibarkan bisnisnya, baru-baru ini Glenn dan Chelsea membuka bisnis barunya yang masih bergerak di bisnis kuliner dengan konsep tradisional, yaitu Menteri Indonesia. Tips berbisnis mereka pun simpel: memakai bahan lokal, dan mempromosikannya sesuai dengan kesukaan orang Indonesia. Contohnya seperti kue Lamington yang memakai bahan baku khas Pontianak yang segar dan memiliki cita rasa yang berbeda. Hal ini bisa mewujudkan efisiensi biaya dalam berbisnis.

Rahasia Sukses Mengelola Bisnis ala Selebriti - Glenn Alinskie dan Chelaea Olivia - Gadjian
Sumber foto: Instagram @glennalinskie

Dua sejoli ini pun menerapkan indahnya toleransi dalam beragama dengan menghadiri acara buka puasa bersama para karyawan toko kue Lamington Pontianak. Sebagai pemilik bisnis, sangatlah penting untuk mendengarkan aspirasi karyawan, termasuk memastikan mereka berbahagia saat merayakan hari besar keagamaan.

Randeep Hooda

Selain dikenal sebagai selebriti India paling seksi, Randeep Hooda merupakan co-owner dari perusahaan fitness & supplements, Body Building India. Tipsnya dalam berbisnis yaitu melakukan ekspansi bisnis di kota-kota besar terlebih dahulu, seperti Delhi, lalu menyusul di Mumbai, Bangalore, Kokata, Pune, Noida, dan Gurgaon.

Rahasia Sukses Mengelola Bisnis ala Selebriti - Randeep Hooda - Gadjian
Sumber foto: Instagram @randeephooda

Ekspansi ini penting untuk memenuhi permintaan pelanggan di sektor fitness India yang menunjukkan pertumbuhan lebih dari 18% di tahun 2017. Pemikiran strategis ini penting bagi pemilik bisnis supaya tidak ketinggalan dari kompetitor lainnya.

Dian Sastrowardoyo

Aktris papan atas dengan segala prestasinya, juga merupakan peraih gelar Sarjana dan Master dari Universitas Indonesia. Selain itu, Dian mencoba berkarir sebagai Business Analyst pada tahun 2009 di Hay Group Indonesia yang sekarang sudah diakuisisi oleh Korn Ferry. Perusahaan ini bergerak di bidang konsultan Sumber Daya Manusia dan memberikan jasa konsultasi bagi perusahaan untuk mendapatkan executive talent yang terbaik.

Rahasia Sukses Mengelola Bisnis ala Selebriti - Dian Sastrowardoyo - Gadjian
Sumber Foto: Instagram @therealdisastr

Mengacu pada LinkedIn page-nya, Dian Sastrowardoyo memiliki sertifikasi dalam Competency Coding dan Hay Method Job Evaluation. Ilmu tersebut tampak membantu dirinya dalam mencari talent terbaik pada usaha yang ia rintis seperti Beasiswa Dian, MAM! Feel Good Food Restaurant, 3 Skinny Minnies, dan Frame A Trip.

Raffi Ahmad & Nagita Slavina

Siapa yang tidak kenal pasangan artis Raffi-Nagita? Pasangan ini juga memiliki lini bisnis yang banyak dan pastinya mengelola karyawan yang juga tidak kalah banyaknya. Dari masker, kue dan camilan, hingga bisnis jilbab syar’i dan mukena. Lantas, dengan bisnis sebanyak itu, bagaimana tips mereka dalam mengelola sumber daya manusia?

Rahasia Sukses Mengelola Bisnis ala Selebriti - Raffi Ahmad dan Nagita Slavina - Gadjian
Sumber Foto: Instagram @bakmirn

Salah satu pengakuan karyawan Raffi Ahmad yang bekerja di Bakmi Raja Nikmat pun membeberkan bahwa ia merasa nyaman bekerja bersama Raffi. Penghasilan yang diberikan oleh Raffi pun tidak tanggung-tanggung, senilai Rp4 juta – Rp5 juta per bulan untuk cabang Bakmi Raja Nikmat di Jakarta Selatan. Ia menganggap Raffi merupakan bos yang tidak sombong kepada para karyawannya. Perlakuan Raffi terhadap karyawannya pun membuat mereka semakin betah bekerja dengan Raffi Ahmad.

Anda sedang merintis usaha dan ingin mendapatkan lebih banyak tips bisnis? Pastikan Anda mengikuti training HR yang diadakan oleh Gadjian Academy setiap bulan. Simak ulasannya pada artikel “Tips Sukses Mengelola Karyawan dari Gadjian Academy: Kaleidoskop Training HR Tahun 2017”.  

Payroll Software Indonesia Untuk Mengelola Keuangan & Karyawan Perusahaan, termasuk perhitungan PPh 21, perhitungan BPJS, dan perhitungan lembur | Gadjianv

Share this article:

sumber : gadjian.com

.
.



<noscript> </body> </html>