Sulitkah Menjalin Persahabatan di Kantor?


Berapa lama kamu sudah bekerja di perusahaan yang sekarang? 2 tahun? 5 tahun? Atau sudah lebih dari 10 tahun? Jika jawaban kamu adalah adalah pada jawaban kedua atau ketiga, maka kamu pasti telah memiliki teman akrab atau sahabat di kantor kamu sekarang. Persahabatan di kantor dapat dengan mudah terjalin, karena karyawan menghabiskan waktu delapan jam atau bahkan lebih di tempat ia bekerja. Tidak hanya itu, para karyawan terlibat secara intens dalam menyelesaikan berbagai macam pekerjaan dan proyek.

Namun, apakah persahabatan di kantor dapat membawa hal positif bagi kamu, sahabat kamu, maupun perusahaan? Atau bahkan ada hal negatif yang mungkin timbul?

Persahabatan yang terjalin di tempat kerja mungkin saja berbeda dengan persahabatan di sekolah. Di usia sekolah, persahabatan terjalin karena tidak ada pamrih antar teman. Persahabatan yang konsisten terjalin karena mereka memang memilki keinginan untuk berinteraksi bersama. Namun, bagaimana dengan persahabatan antara orang dewasa? Orang dewasa pun bisa tulus bersahabat dengan sesamanya. Alangkah baiknya, apabila persahabatan di kantor juga terjalin di luar kantor. Alasannya jelas, karena karakter seseorang di kantor bisa sangat berbeda saat ia tak lagi memakai jabatannya di luar kantor.

Satu masalah yang kerap terjadi adalah adanya pengkhianatan yang dilakukan oleh seorang ‘sahabat’ di kantor. Bagaimana kamu dapat mencegah hal seperti ini?

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum mulai menjalin persahabatan adalah dengan mendekat secara perlahan. Jangan sampai persahabatan dengan satu orang membuat orang lain di departemen yang sama merasa dikucilkan. Secara perlahan dapat juga diartikan bahwa kamu tak perlu hingga membuka rahasia pribadi kepada sahabat baru. Saat kamu dan sahabat baru kamu sudah sering mengenalkan anggota keluarga masing-masing dan kerap pergi bersama di akhir pekan, suatu saat nanti sahabat kamu justru sudah dapat memahami kamu, tanpa perlu mencari tahu rahasia kamu.

Hal kedua yang tak kalah penting adalah jangan sampai persahabatan kamu di kantor terlihat sangat eksklusif. Berbisik-bisik di toilet, atau keluar makan siang berdua saja–meskipun sesama jenis–tidak menunjukkan profesionalitas sebagai karyawan. Berbagi rahasia bisa dilakukan di luar kantor, bukan? Bersahabat dengan lebih dari satu orang di kantor justru lebih menguntungkan, karena persahabatan dapat menunjang setiap karyawan untuk lebih semangat dalam menghadapi permalasahan.

Begitu juga dengan jenjang karier. Memiliki sahabat akan membantu kita memiliki karier yang lebih baik, dengan cara saling menyemangati, berbagi tips, dan saling berbagi info pekerjaan.

Bagikan info-info dari pekerjaan kesukaanmu di Urbanhire dengan sahabatmu, siapa tau sahabatmu membutuhkan informasi darimu. Lowongan apa yang kamu bagikan?

The post Sulitkah Menjalin Persahabatan di Kantor? appeared first on Urbanhire.

sumber : urbanhire

.
.



<noscript> </body> </html>