Tanda Sahih Kandidat Karyawan adalah Sosok yang Cakap Beradaptasi


Setiap melakukan rekrutmen, Anda sebagai pihak HR tentu berharap bisa mendapatkan kandidat karyawan yang memenuhi kriteria. Salah satunya, si kandidat diharapkan mampu beradaptasi dengan baik dan cepat mengingat zaman serba digital seperti sekarang memang menuntut banyak orang untuk lebih fleksibel terhadap beragam situasi dan kondisi.

Untuk mengetahui apakah si kandidat karyawan adalah sosok yang mampu dan mudah beradaptasi dengan baik memang tidaklah semudah itu. Namun bukan berarti tidak ada cara bukan?

Dirangkum dari Fast Company, berikut adalah beberapa tanda sahih yang menunjukkan apakah kandidat karyawan yang sedang Anda rekrut adalah sosok yang mampu beradaptasi dengan baik dan cepat.

Tidak bereaksi cepat dan gegabah.

Salah satu cara mengetes apakah kandidat karyawan adalah kandidat karyawan yang mampu beradaptasi dengan baik adalah dengan bertanya langsung kepadanya saat proses interview. Tanyakan seputar kondisi atau reaksi kandidat jikalau di tengah bekerja harus ditempatkan di lokasi kerja yang pendalaman.

Lihat jawaban dan reaksi dari kandidat, jika ia menjawab dengan cepat dan cenderung asal-asalan maka ia hampir 99 persen adalah tipikal orang yang kuang cakap beradaptasi dengan baik. Terlebih jika jawabannya adalah menolak tanpa alasan jelas atau hanya menghindar demi kenyamanan diri sendiri.

Jika kandidat karyawan yang mampu beradaptasi dengan baik, maka ia akan lebih perhitungan dan tidak bertindak gegabah. Ketika terjadi perubahan di kantor misalnya, orang yang cerdas secara emosional justru meninggu, melihat situasi, memikirkan hal-hal dengan matang, baru kemudian melangkah maju.

Jika tindakan yang diambil menemui kegagalan, maka dia tidak akan menyerah dan kembali ke cara lama. Pada dasarnya, orang yang mudah beradaptasi dengan perubahan atau lingkungan baru adalah orang yang cerdas secara emosional.

Jujur dengan mengakui saat merasa terlalu nyaman.

Ketika diberi tantangan, kandidat karyawan yang mampu beradaptasi biasanya lebih suka jujur. Jujur yang dimaksudkan disini adalah mengakui saat merasa terlalu nyaman dan akan selalu siap menerima tantangan yang diberikan, apapun risikonya.

Kandidat seperti ini biasanya memiliki kecerdasan emosional yang baik dan tak jarang mereka tidak akan terpancing reaksi penolakan spontan. Terutama saat dihadapkan pada tantangan pekerjaan. Hal ini dikarenakan mereka sadar dan akan melawan ketika ada keinginan untuk bertahan di zona nyaman.

Bijak dengan cara mempertimbangkan beberapa perspektif sebelum mengambil keputusan.

Kandidat yang mampu beradaptasi dengan baik terlihat dari caranya dalam menghadapi pilihan. Ketika Anda memberikan dua pilihan, mereka yang mampu beradaptasi dengan baik akan menjawab dengan sudut pandang sebijak mungkin.

Maksudnya disini adalah mereka akan mempertimbangkan beberapa perspektif sebelum mengambil keputusan atas beberapa pilihan yang ditawarkan kepadanya. Selain itu, untuk dapat mengambil keputusan terbaik maka orang-orang yang mampu beradaptasi biasanya juga bakal memiliki jalan pikiran yang terbuka.

Pikiran terbuka penting dimiliki kandidat, terutama saat nantinya ketika ia bekerja dihadapkan pada situasi gesekan antar sesama rekan kerja. Orang-orang yang mudah beradaptasi akan mengatasi situasi ini dengan cerdik dengan tak mencoba ikuti arus, tapi memiliki prinsip atau pendirian sendiri.

Itulah beberapa tanda sahih yang menunjukkan jika kandidat karyawan yang hendak Anda rekrut adalah tipikal orang yang mampu beradaptasi. Jikalau kandidat karyawan yang saat ini atau nantinya Anda rekrut tak menunjukkan tanda ini kala proses rekrutmen, maka pertimbangkan matang untuk menariknya ke dalam lingkungan pekerjaan atau perusahaan tempat Anda bekerja.

Sumber data: www.fastcompany.com

sumber : blog.talenta.co

.
.



<noscript> </body> </html>