Tips Berpakaian untuk Hari Pertama Kerja


Hari pertama kerja membuat sebagian orang merasa gugup. Karyawan baru merasa cemas tidak bisa langsung beradaptasi dengan lingkungan kantor. Namun, ada satu cara yang bisa membuat anak baru lebih percaya diri melangkahkan kaki di kantor baru: mengenakan busana kerja yang sesuai.

Jika Anda bingung bagaimana seharusnya menampilkan diri di hari pertama kerja, berikut tips berpakaian untuk hari pertama kerja di kantor baru Anda.

Riset Budaya Kerja

Cara Memulai Obrolan dengan Teman Baru di Kantor
Sumber: Rawpixel.com

Ada perusahaan yang memiliki aturan berpakaian secara tertulis –dan bahkan jadwal seragam-, ada pula yang tidak menerapkan gaya berbusana tertentu. Biasanya, perusahaan yang bergerak di bidang perbankan punya aturan berpakaian resmi, sementara kantor periklanan atau media cenderung lebih casual.

Jadi, sebelum memilih pakaian untuk hari pertama kerja, sebaiknya Anda sudah punya sedikit pengetahuan tentang budaya kerja di kantor baru. Dengan begitu, Anda bisa melakukan berbagai penyesuaian.

Meniru Pewawancara

Coba ingat lagi model baju yang dipakai pewawancara saat proses rekrutmen, apakah formal atau lebih santai. Untuk hari pertama kerja, Anda bisa mencontoh cara berpakaian atasan saat sesi wawancara tersebut.

Tapi, jika pewawancara yang  ditemui berpakaian sangat santai –bahkan mengenakan jeans-, sebaiknya Anda menghindari gaya tersebut di hari pertama. Anda bisa memilih pakaian yang lebih “aman”, yaitu busana kantor yang menampilkan gaya profesional.

Pakaian Kerja yang Umum

Pilihlah pakaian kantor pada umumnya yang memberikan kesan resmi seperti kemeja, blazer, dan bawahan berbahan katun. Pastikan pakaian yang Anda kenakan sudah disetrika sampai licin agar tampak rapi.

Hindari berdandan berlebihan seperti mengenakan setelan jas karena mungkin Anda akan terlihat lebih formal daripada atasan sendiri. Sebaliknya, jangan gunakan pakaian yang sangat casual seperti jeans dan hoodie –meskipun beberapa orang di ruangan mengenakan pakaian tersebut- karena akan menimbulkan kesan “sok akrab”.

Baca Juga: 7 Tips Mempersiapkan Diri di Hari Pertama Bekerja

Warna dan Motif Netral

Anda ingin menonjolkan kesan profesional di hari pertama kerja, maka janganlah berlebihan. Pilihlah warna pakaian yang netral seperti hitam, biru dongker, coklat, dan krem. Hindari penggunaan warna terlalu cerah seperti merah, kuning, dan hijau menyala.

Jika Anda memilih baju bermotif, pilihlah corak seperti garis atau kotak-kotak tipis. Lebih baik tidak memilih pakaian dengan motif bunga besar yang mencolok.

Sepatu Formal

tips berpakaian hari pertama kerja
sumber : fancycrave.com

Bagi karyawan pria, sepatu yang memberikan kesan formal adalah sepatu kulit klasik berwarna hitam atau coklat yang disesuaikan dengan warna pakaian. Untuk pegawai perempuan, bisa memilih sepatu flat berwarna netral. Hindari stiletto atau sepatu bot tinggi.

Jika Anda lebih nyaman menggunakan sandal atau sepatu olahraga saat mengejar kereta menuju kantor, maka ganti alas kaki tersebut dengan sepatu formal ketika tiba di tempat kerja.

Aksesoris Tambahan

Jika Anda ingin tampil lebih trendi, boleh saja menggunakan beberapa aksesoris. Para wanita bisa menambahkan syal di leher, gelang sederhana, atau bros. Sementara karyawan pria bisa mengenakan jam tangan sebagai aksesoris tambahan. Pastikan Anda tidak mengenakan aksesoris terlalu banyak.

Intinya, Anda harus berusaha untuk bisa beradaptasi dengan kantor baru dan tidak mencolok dalam berpakaian pada hari pertama kerja. Hal yang perlu Anda tonjolkan adalah sikap profesional dan siap kerja, bukan pakaian yang berwarna menyala.

Jangan sampai salah kostum di hari pertama sehingga membuat Anda meninggalkan kesan negatif di mata atasan dan rekan kerja. –Qerja

Baca Juga: Empat Tips Hilangkan Rasa Gugup di Hari Pertama Kerja

sumber : qerja.com

.
.



<noscript> </body> </html>