Tips Mudik Aman Saat Lebaran


Mudik merupakan adalah salah satu tradisi yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia saat Idul Fitri. Para pemudik biasanya berbondong-bondong meninggalkan kota untuk pulang ke kampung halamannya masing-masing sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Tentunya mudik bukan perkara yang mudah dan membutuhkan banyak persiapan. Nah, agar mudik Anda aman dan nyaman, sebaiknya siapkan hal-hal berikut ini ya!

Persiapkan Kondisi Fisik

Pastikan kondisi fisik Anda benar-benar sehat saat akan melakukan mudik, terutama bila Anda menggunakan kendaraan pribadi. Faktor kelelahan kadang menjadi penyebab kecelakaan di jalan raya ketika berkendara.

Bila memang bila kondisi fisik Anda memang sedang tidak baik, maka tidak ada salahnya bila Anda membawa supir cadangan. Sehingga Anda tidak terlalu kelelahan ketika berkendara.

Sementara Anda yang mudik dengan kendaraan umum juga harus menjaga badan tetap fit karena akan melakukan perjalanan panjang yang melelahkan. Karena Anda harus tetap harus selalu waspada dan menjaga diri, keluarga, dan barang bawaan.

Baca Juga : Tetap Untung Selama Libur Lebaran, Inilah Peluang Usaha yang Bisa Dilakukan

Periksa Kondisi Kendaraan

BIla Anda mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, maka pastikan kondisi kendaraan Anda layak jalan. Pastiakn kondisi rem, mesin, aki dan seluruh bagian kendaraan dalam kondisi terbaik.

TIdak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan ke bengkel resmi untuk memeriksakan kendaraan Anda. Memang akan menguras sedikit kantong Anda, tetapi melakukan ini akan lebih baik daripada mengalami kecelakaan di jalan.

Persiapan Rute Mudik

Saat ini Anda tidak perlu khawatir tersesat ketika melakukan mudik atau balik ke kota asal. Karena saat ini sudah tersedia berbagai macam aplikasi peta dan juga navigasi.

Aplikasi ini akan membuat Anda mudah untuk menentukan rute jalan dan juga untuk melihat kondisi jalan. Selain itu, dengan semakin gencarnya pembangunan jalan tol di wilayah Jawa membuat rute berkendara semakin banyak.

sumber : qerja.com

.
.



<noscript> </body> </html>